2. KARNIVORA

http://mjohanam.wordpress.com/articles/

http://mjohanam.wordpress.com/articles/

Lihatlah gambar diatas ????? Coba Perhatikan

KARNIVORA adalah Hewan Pemakan Daging. Selain hewan pemakan tumbuh-tumbuhan, ada juga hewan pemakan daging. Golongan hewan pemakan daging atau hewan lain disebut karnivora. Karnivora meliputi bangsa buas (harimau, singa, serigala); bangsa reptil (buaya, ular, komodo, dan biawak); bangsa burung (elang); dan bangsa ikan (hiu, piranha, dan arwana).

           Ada juga karnivora yang suka makan bangkai atau daging busuk, dan tidak suka pada daging segar. Hewan ini disebut hewan pemakan bangkai atau detritivora, misalnya buaya dan burung nasar atau burung kondor serta biawak. Indra pembau biawak adalah lidahnya yang bercabang untuk mencium bangkai yang menjadi makanannya.Ada juga yang khusus memakan serangga, misalnya trenggiling, landak, cicak, tokek, burung kiwi, pelatuk, dan lemur. Hewan pemakan serangga disebut insektivora.

Hewan karnivora ada yang buas dan ada yang jinak. Karnivora biasanya mencari makan dengan cara memburu mangsanya. Mereka termasuk pemburu yang aktif. Contohnya harimau, serigala, puma, singa, dan lain-lain.

Ciri khas karnivora adalah mempunyai kuku yang panjang dan runcing, indera penglihatannya tajam, rahangnya kuat, serta gigi taringnya panjang dan kuat untuk mengoyak-koyak daging hewan mangsanya. Karnivora yang hidup didarat biasanya berlari dengan sangat cepat. Biasanya golongan hewan tersebut berjalan diatas jari-jarinya sehingga tumitnya tidak menyentuh tanah.

Pada umumnya, karnivora menangkap mangsa yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya, namun ada juga karnivora lainnya seperti singa, buaya, serigala, dan ikah hiu dapat menangkap mangsa yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Karnivora memiliki bentuk permukaan gigi geraham yang berlekuk-lekuk tajam. Karnivora memiliki gigi geraham khusus untuk mengunyah daging dengan sisi rahang ujung gigi saling bertemu seperti pisau gunting. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengerat dan menghancurkan makanan. Gigi seri berukuran kecil dan tajam, fungsinya untuk menggigit dan memotong makanan. Gigi taring berukuran panjang, besar, dan runcing yang berfungsi untuk mengoyak mangsanya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: